Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Anda Memutuskan Untuk Berbisnis

Ketika anda berfikir untuk memulai sebuah bisnis, hal pertama yang harus anda lakukan adalah meluangkan waktu sejenak untuk duduk dengan santai mengenali apa yang menjadi minat dan passion anda selama ini, kemudian bayangkan apa yang dapat anda lakukan selama beberapa tahun kedepan atau bahkan berpuluh-puluh tahun kedepan selama hidup anda dan pada saat itu, tanyakan lah pada diri anda sendiri tentang hal ini :

1. Apa yang bisa dan mampu anda lakukan?
Jawablah satu pertanyaan sederhana berikut ini, apa yang dapat anda lakukan demi mendapatkan uang?
Hal apa yang dapat anda lakukan guna mencapai hal tersebut dengan cara anda sendiri dan benar-benar membuat anda merasa puas karenanya?
Terkadang, anda hanya belum mengetahui bagaimana caranya menghasilkan uang dari hal yang benar-benar anda sukai. (baca juga : ciri dan pola hidup orang sukses)

2. Apa hal utama yang anda sukai?
Hal ini mungkin tampak dasar, namun apabila anda belum mengetahui hal apa yang benar-benar anda sukai, tempat terbaik untuk memulai mencari tahu hal tersebut adalah dimulai dari apa yang ada sekitar kita.
Misalnya, ketika anda berada di sebuah toko buku, bagian mana yang secara alami membuat anda tertarik? Apa majalah yang anda langgani? Situs apa yang sering anda kunjungi?
Dengan mengetahui dan menuliskan apa yang anda minati dan menaruh perhatian pada isi dari konten tersebut, maka anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik dari bidang yang anda sukai.

3. Apa yang membuat anda marah?
Ada beberapa hal yang membuat anda menjadi marah. dan hal itu bisa menjadi indikator yang menunjukan dimana letak passion anda sebenarnya.
Mungkin sebagian dari anda ada yang menganggap beberapa hal yang tidak perlu pada sebuah produk tertentu dan membuat anda benar-benar kesal akan hal itu, entah itu dari cara pemasaranya, gaya tulisan yang ada pada produk tersebut, kemasanya yang menjengkelkan, atau mungkin kekesalan anda pada salah satu perusahaan penyedia jasa tertentu, dimana anda benar-benar dibuat kesal karena adanya keterlambatan, dsb.

Apapun itu, apabila hal tersebut benar-benar membuat anda merasa kesal, maka anda akan mengetahui apa yang seharusnya anda lakukan dengan hal tersebut dan anda bisa menghasilkan uang dengan cara memanfaatkan kesalahan tersebut dan hal itu bisa menjadi kelebihan dari anda.

4. Seperti apa orang di sekitar anda?
Berintaraksi dan bersosialisasi mengenai minat dan pendapat dengan orang-orang disekitar anda akan membantu anda dalam memahami dan mengetahui tipe dan pendekatan terhadap orang-orang tersebut serta membantu anda dalam membangun sebuah hubungan yang baik antara anda dan orang-orang tersebut yang berpotensi menjadi calon konsumen anda nantinya.

5. Apa yang akan ada sesali?
Jika anda bisa membayangkan diri anda dalam sepuluh, dua puluh, tiga puluh atau lima puluh tahun kedepan.
Satu hal apa yang akan membuat anda kesal jika hal tersebut tidak pernah tercapai oleh anda?
Satu hal apa, jika anda tidak mengejarnya, akan membuat sebuah penyesalan yang begitu besar bagi diri anda?
Jika anda benar-benar memiliki passion dan anda bisa membayangkan diri anda melakukan hal tersebut. Maka penyeselan tersebut tidak akan pernah terjadi dalam hidup anda. 
Setelah anda menjawab pertanya-pertanyaan ini, jangan hanya di simpan dan di ingat-ingat dalam kepala anda. Ambilah selembar kertas, dan tulislah semua jawaban yang anda miliki!

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post