6 Pola Hidup Orang Sukses, Apakah Anda Termasuk Salah Satunya?

Pepatah mengatakan, "Morning people are successful people".
Tapi orang yang berpagi-pagi seperti apakah yang bisa di sebut sebagai orang sukses?
Apakah cuma karena pola hidupnya yang bepagi-pagi?

Simak ulasan singkat mengenai 6 pola hidup orang sukses berikut ini.

Bangun Satu Jam Lebih Awal 
Riset menunjukan bahwa bangun pagi akan membuat orang tersebut lebih aktif dan terasa penuh dengan energi. Oleh karena itu, orang yang secara rutin bangun pagi akan lebih proaktif dalam melakukan sesuatu dan lebih percaya diri serta mampu membuat mereka menjadi lebih optimis, teliti dan lebih efisien dalam mengantisipasi dan meminimalisir masalah.(Journal of Applied Psychology Social, 2009). 
Berkaitan dengan hal ini, ada sebuah hadits yang perlu untuk kita renungkan, yakni dari Shakhr bin Wada’ah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda :
“Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
Dalam hadits tersebut betapa jelas bahwa Rasulullah SAW. berdoa agar kita, umatnya diberikan berkah pada waktu pagi hari.
Tahukan Anda siapakah Shakhr bin Wada’ah r.a.? Dia adalah seorang pedagang yang biasa mengirimkan barang dagangannya di pagi hari, sehingga dia menjadi kaya dan banyak harta. Dan ini adalah suatu bukti bahwa Shakhr bin Wada’ah adalah orang yang bisa menyambut keberkahan Allah SWT karena doa Rasululllah SAW untuk umatnya di pagi hari.
Lalu, bagaimana dengan kita?
Semoga kita semua termasuk umat yang di doakan oleh nya. Amin

Berfikir Positif
Refleksikan diri anda, nikmati dengan tenang dan luangkan waktu sejenak untuk memikirkan rencana dan kegiatan anda hari ini. Buatlah daftar kegiatan anda hari ini dan tulislah apa yang akan anda lakukan. Riset menunjukan bahwa, berfikir positif dan visualisasi walaupun hanya dua menit saja waktu yang digunakan, dapat meningkatkan mood serta kejelasan dari hari anda nantinya. (baca juga : karakter dan ciri orang sukses)
"Aku mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku selalu bersamanya selama dia mengingat-Ku"(HR. Ahmad)
Oleh karena itu, kita harus selalu berbaik sangka kepada Allah SWT, karena Dia mengikuti apa yang kita sangkakan kepada-Nya, agar kebaikan lah yang akan selalu kita dapatkan.
Ingatlah selalu kedua ayat ini, agar kita selalu berbaik sangka kepada-Nya.
 
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" (QS. Al-Baqarah : 216).  
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS. Al - Insyirah : 5-6).

Sarapan
Nikmatilah waktu pagi anda dengan sarapan pagi yang sehat. Karena sarapan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menambah nutrisi serta meningkatkan energi tubuh. Sarapan juga dapat memperbaiki kemampuan berpikir anda dan menjaga anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.
 “… makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan…” (Surah al-A’raf, ayat 31).
“Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban). 

Motivasi
Tariklah nafas dalam-dalam dan cari lah hal-hal yang akan menginspirasi anda. Sugestikan hal-hal positif pada diri anda dan secara perlahan keluarkanlah nafas anda. Ulang kegiatan ini setiap pagi agar anda lebih termotivasi dan lebih fokus dari sebelumnya.
"Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla" (HR. Ahmad).
"Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah" (HR. Ahmad).

Bawa Makanan Ringan
Dalam berbagai kesempatan mungkin anda akan di sibukan dengan aktifitas anda yang padat dan menguras banyak energi. Untuk mengantisipasi hal ini, persiapkanlah sebelumnya beberapa makana ringan. Karena dengan makan, akan memberikan energi untuk otak anda guna meningkatkan fokus, produktifitas dan daya ingat. Pilihlah makanan ringan yang baik untuk metabolisme tubuh anda dan janganlah berlebihan, berhentilah sebelum anda kenyang.

Tidur Lebih Awal
Tidur lebih awal bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik anda seperti; mengurangi stress, menjaga fikiran tetap positif, baik untuk daya ingat, mempertahankan tekanan darah, menjaga jantung tetap sehat, mempertahankan berat badan, meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan energi. Oleh karena itu sangatlah penting untuk anda memperoleh waktu tidur yang cukup guna menghadapi hari esok yang penuh dengan target dan pencapaian!
Dan Rasulullah SAW pun selalu tidur lebih awal, yaitu selepas Isya untuk kemudian bangun pada pertengahan malam kedua. Jadi beliau tidur tidak lebih dari 8 jam.
Hal ini telah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di Jepang dan di AS selama enam tahun dengan responden berusia 30 sampai dengan 120 tahun dan menyimpulkan bahwa orang yang biasa tidur lebih dari 8 jam sehari memiliki risiko kematian yang lebih cepat. Sangat berlawanan dengan mereka yang biasa tidur 6 – 7 jam sehari.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post